Pentingnya Mengelola Social Media Marketing untuk Brand

Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis

Jakarta 2021 – Dipstrategy, Social media saat ini memiliki peran penyebaran informasi yang cepat ke masyarakat luas. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan metode social media marketing untuk kebutuhan branding dan menjaring customer lebih banyak.

Peran penting dari media sosial juga tidak lepas dari jumlah pengguna yang terus bertambah. Bahkan Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia.

Peran Media Sosial di Era Digital

Ada banyak alasan kenapa media sosial memiliki peran yang besar di era digital. Adapun faktor-faktor yang membuatnya begitu berperan yaitu seperti:

  • Fitur yang memudahkan penyebaran informasi kepada masyarakat.
  • Memudahkan komunikasi antara sesama pengguna media sosial.
  • Layanan iklan berbayar yang menjangkau customer
  • Fitur postingan berupa media gambar, video, dan tulisan yang semakin kreatif.

Semua poin di atas yang menjadikan media sosial sebagai platform yang powerfull untuk pemasaran hingga promosi. Selain itu, media sosial juga berperan untuk memviralkan topik-topik tertentu.

Manfaat Sosial Media Marketing untuk Marketer

Dari kelebihan-kelebihan di atas, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa media sosial saat ini menjadi platform yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Bahkan banyak fitur-fitur media sosial yang mendukung pemasaran produk maupun jasa.

Berikut kami sudah merangkum apa saja kelebihan sosial media untuk para marketer:

  1. Menjaring Customer Baru

    Media sosial seperti Facebook dan Instagram sudah dilengkapi dengan fitur iklan berbayar. Fitur iklan tersebut tergolong powerfull karena bisa menarik customer tertarget secara mudah.

    Customer tertarget adalah customer yang sedang membutuhkan produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan.

    Fitur iklan berbayarnya dilengkapi dengan filter yang bisa menyaring kategori persona sesuai target pasar. Contohnya jika Anda menayangkan iklan kerudung, maka hanya akan tampil ke perempuan di usia tertentu.

  1. Menjaga Customer Lama

    Konten yang terus Anda update setiap hari di media sosial akan membantu menjaga hubungan baik dengan customer lama. Contohnya dengan update konten penawaran diskon terbatas.

    Penawaran menarik akan mempertahankan customer lama Anda secara optimal. Pasalnya, mereka akan terus mendapatkan informasi terkini seputar update katalog baru hingga penawaran-penawaran tertentu.

  1. Memperluas Jaringan Pemasaran

    Seperti yang kami jelaskan di atas, Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia. Penggunanya bahkan tersebar di berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke.

    Itu artinya, produk atau layanan yang sedang Anda tawarkan bisa menjangkau semua daerah.

  1. Memudahkan Customer yang Ingin Belanja

    Belanja online bukan hanya sekedar trend saja. Saat ini, belanja online sudah menjadi aktivitas layaknya belanja konvensional. Artinya, Indonesia sudah memasuki masa transisi digital yang mencakup proses transaksi dan belanja.

    Pemasaran melalui media sosial akan membantu membawa bisnis Anda ke ranah digital. Dengan begitu, customer akan mudah menemukan produk atau jasa yang ditawarkan.

Cara Mengoptimalkan Bisnis Melalui Sosial Media Marketing

Secara garis besar, media sosial bisa mendukung brand awareness sekaligus brand loyalty suatu perusahaan. Bahkan mampu meningkatkan customer retention dan mencari customer baru.

Jika Anda ingin mengoptimalkan bisnis melalui media sosial, Anda bisa berkonsultasi dengan digital agency Jakarta, Dipstrategy. Bersama Dipstrategy, bisnis Anda berpotensi tumbuh dan berkembang melalui metode sosial media marketing.

Bersama digital agency Jakarta tersebut, Anda juga bisa mengukur dan juga menakar para competitor agar bisa melampaui mereka.

itu, dengan sosial media marketing, maka bisnis/brand Anda bisa dihubungkan langsung dengan target audience.

Demikian informasi peran penting social media marketing bagi para pelaku usaha. Semoga bisa menambah wawasan Anda. Bagi yang ingin berkonsultasi seputar digital marketing, Anda bisa berkonsultasi langsung di layanan agency digital marketing, Dipstrategy.

Baca juga : SENJATA RAHASIA SOCIAL MEDIA UNTUK PEBISNIS SELAMA PANDEMI

Recent Post

Nur Iskandar Written by: