Senjata Rahasia Social Media untuk Pebisnis Selama Pandemi

Last updated on December 20

Selama kurang lebih setahun terakhir ini, pandemi virus corona telah memberikan dampak sangat signifikan terhadap pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang, termasuk bisnis dan perekonomian.

Ada banyak upaya yang telah dilakukan, untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 ini, seperti pembatasan kontak fisik atau yang dikenal dengan social distancing dan imbauan untuk tetap dirumah seperti bekerja atau bersekolah.

Tentu berbagai pelaku bisnis mengalami dampak yang sangat besar dan banyak yang terancam gulung tikar.

Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, dan penggunaan social media yang sangat menjamur, hal ini bisa dijadikan strategi dalam pemasaran.

Menurut Julian Morgan pada vice.com, Social Media dirancang untuk membuat para penggunanya menjadi kecanduan. Misalnya adanya fitur like yang membajak sistem kebahagian di otak penggunanya. Jadi tidak heran, bila banyak orang sulit untuk lepas dari social media dan justru mengalami peningkatan dari waktu-waktu.

Mungkin bagi beberapa diantara kamu, social media hanyalah platfrom yang berfungsi sebagai saluran untuk komunikasi ke teman, keluarga atau banyak orang. Akan tetapi, sebenarnya social media adalah salah satu strategi yang sangat efektif untuk menjangkau banyak konsumen dan tentunya sangat bagus untuk kamu yang memiliki bisnis serta terkendala dengan adanya peraturan sosial distancing.

Inilah Alasan Mengapa Pebisnis Wajib Menggunakan Social Media

social media agency jakarta

Nah, buat kamu yang penasaram mengenai apa saja manfaat social media untuk bisnis. Artikel ini akan mengulasnya, simak penjelasannya!

  1. Menemukan calon konsumen dengan cepat

Saat pandemi mungkin kamu sangat susah untuk mendapatkan calon konsumen. Hal ini karena adanya aturan sosial distancing yang berlaku sehingga banyak konsumen enggan untuk keluar rumah dan menggunakan produk atau jasa kamu.

Namun berbeda bila menggunakan sosial media, dimana kamu bisa menemukan calon konsumen dengan cepat. Misalnya adalah Instagram yang menyediakan banyak fitur untuk para pembisnis, salah satunya adalah mempermudah orang mencari sesuatu dengan menggunakan fitur hastag.

  1. Branding Social Media

Branding adalah hal terpenting untuk kamu yang ingin membangun bisnis. Kini, social media dianggap sangat optimal dalam membangun brand image yang diinginkan. Apalagi dengan begitu konsumen dapat dengan mudah memberikan ulasan untuk produk kamu sehingga konsumen lain akan ikut tertarik.

Tidak hanya itu saja, social media juga bisa membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnismu. Misalnya berinteraksi langsung kepada mereka, atau mempublish setiap feedback positif yang diberikan konsumen.

  1. Menganalisa Kompetitor

Memangnya penting ya menganilisis kompetitor? Tentu saja! Dengan begitu kamu bisa memasang strategi yang lebih baik daripada pesaing. Kamu bisa mengalisis bagaimana cara mereka mempromosikan produk mereka, berinteraksi dengan konsumen dan mengetahui produk apa saja yang mereka tawarkan. Misalnya saja, kamu bisa mengetahui bagaimana cara kompetitor menanggapi konsumen mereka.

  1. Meningkatkan Pengunjung Website

Social media akan membantu kamu untuk menjangkau banyak orang yang merujuk pada pelanggan potensial yang mungkin saja belum pernah dijangkau. Kemudian, social media akan membantu meningkatkan pengunjung website bisnis kamu, dimana tentu hal ini sangat menguntungkan karena konsumen kamu akan dapay mengenal bisnismu lebih baik.

Jadi bila tiap orang yang follow akun social media bisnis kamu dan melakukan repost ke postingan mereka, maka kemungkinan bisnis kamu akan dilihat orang lain akan semakin besar yang tentunya mempengaruhi traffic peringkat pencarian.

Nah, itulah dia beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan bila menggunakan media sosial selama pandemi. Kini, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menyusun strategi pemasaran dengan memanfaat social media.

Jika kamu butuh diskusi atau sekedar ngobrol santai dengan Social Media Agency yang terpercaya, silakan hubungi kami. Selamat mencoba.

Recent Post

Fondha Clara Written by:

A seasoned social media specialist which focus on optimizing ROI across multiple social media platform.