Perbedaan Website E-commerce dengan Website Company

Layanan Website Development Jakarta Terbaik

Butuh website yang sesuai dengan perusahaan Anda? Kini telah hadir perusahaan layanan website development Jakarta. Namun, pertama-tama Anda harus menentukan tujuan pembuatan website terlebih dahulu.

Ada dua jenis website yang umum dibuat oleh sebuah perusahaan sesuai tujuan masing-masing. Kategori website tersebut yaitu e-commerce dan website company. Jadi, website manakah yang Anda pilih? Sebelum menjatuhkan pilihan, simak artikel ini hingga selesai.

Fakta Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Di negara kita, perkembangan e-commerce tergolong sangat pesat sekali. Buktinya telah hadir berbagai toko-toko online yang menyediakan berbagai produk maupun jasa.

Selain itu, Indonesia juga punya beberapa unicorn di bidang startup seperti Bukalapak dan juga Tokopedia. Selain itu, masih banyak perusahaan-perusahaan besar lain yang saat ini sudah masuk ke ranah digital.

Perkembangan e-commerce di Indonesia terjadi pada tahun 2009, di mana pada tahun tersebut Tokopedia pertama kali didirikan. Lanjut ke tahun berikutnya yaitu 2010,  Go-Jek lahir sebagai salah satu perusahaan berbasis layanan.

Sesudah itu, perkembangan e-commerce tumbuh semakin pesat dengan banyaknya situs-situs jual beli online di Indonesia.

Selain itu, perusahaan layanan ekspedisi di Indonesia pun tumbuh pesat seiring dengan perkembangan e-commerce. Bahkan layanan pengiriman barang sudah meliputi ke seluruh daerah di Indonesia.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Situs E-Commerce

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua situs e-commerce itu berupa marketplace. Situs e-commerce pada dasarnya merupakan sebuah toko online yang menyediakan produk maupun jasa tertentu.

Marketplace adalah sebuah website seperti mall atau pusat perbelanjaan. Di marketplace ada banyak pedagang kecil hingga pedagang besar. Konsepnya sama dengan sebuah pusat perbelanjaan.

Selain marketplace, situs e-commerce juga berupa sebuah toko online untuk satu perusahaan tertentu. Contohnya Anda punya toko bernama “Sumber Rezeki”, kemudian membuat sebuah website bernama www.tokosumberrezeki.com.

Sederhananya, situs e-commerce merupakan situs jual beli baik itu yang menghimpun banyak pedagang maupun satu pedagang saja. Selain produk, juga bisa berupa jasa atau layanan.

Cara Membedakan Website E-commerce dengan Web Company

Sebelum membuat sebuah website, alangkah baiknya Anda mengetahui tujuannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui tujuan untuk apa web tersebut dibuat, maka Anda tidak sulit menentukan jenis website yang akan dibuat.

Agar tidak salah pilih, berikut kami jelaskan perbedaan antara website e-commerce dengan website company untuk perusahaan Anda.

  1.  Website E-commerceJenis website yang satu ini dikhususkan untuk proses pemesanan, pembelian, hingga transaksi. Situs ini digunakan langsung untuk penjualan baik itu berupa produk maupun jasa yang Anda miliki.Proses pembeliannya langsung secara online. Begitu juga dengan proses pembayaran yang sudah disediakan di website tersebut.

    Sementara sumber profitnya yaitu dari setiap penjualan produk atau jasa yang dilakukan oleh customer.

  1.  Website CompanyPerbedaan mencolok antara website e-commerce dan website company terletak dari konsepnya. Jika website e-commerce untuk penjualan, maka website company yaitu untuk mengenalkan perusahaan Anda.Website ini khusus untuk menampilkan profil perusahaan kepada pembaca. Tujuannya yaitu untuk mengenalkan perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, mengenalkan produk maupun layanan yang ditawarkan.

    Website ini tidak memiliki sumber profit secara langsung. Namun efeknya bagus sebagai brand awareness. Selain itu juga tidak ada proses pembayaran yang ada di dalam website.

Cara Mengoptimalkan Digital Marketing

Punya website tapi pendapatan masih belum bertambah? Saatnya Anda mengonsultasikan permasalahan Anda kepada digital agency Jakarta, Dipstrategy.

Bersama layanan digital agency Jakarta, Anda bisa menentukan strategi digital marketing yang tepat dan juga terarah. Selain itu, Dipstrategy juga sudah dipercaya oleh brand-brand ternama di Indonesia.

Demikian informasi seputar tips membedakan website e-commerce dan website company. Saat ini, bagi yang membutuhkan website tersebut bisa langsung menggunakan layanan website development Jakarta yang kredibel.

Baca juga : ALASAN KENAPA PELAKU USAHA HARUS PUNYA WEBSITE

Recent Post

Taufik Kurahman Written by: