Google Ads – Istilah Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Ingin Beriklan di Google

Google ads telah menjadi salah satu lapak iklan yang paling mudah diakses. Siapapun bisa memakainya tanpa perlu memiliki keahlian khusus terutama dalam bidang IT. Namun demikian ada beberapa istilah yang wajib diketahui untuk meningkatkan performa Google Ads kalian. Berikut kami beberkan secara singkat,

  1. AdRank

    AdRank adalah peringkat dari Ad atau iklan kamu. Semakin tinggi nilai sebuah iklan maka semakin baik dan optimal posisi rankingnya. Tentunya orang akan lebih tertarik melihat bahkan mengklik iklan kamu di google ads. Terus bagaimana caranya agar ranking iklan kita tinggi? Posisi AdRank kita ditentukan sesuai dengan jumlah maksimum bid (tawaran) kita dikali dengan quality score dari Ad kita.

  2. Bid

    Google Ads mengadakan sistem pelelangan untuk mengatur posisi tampilnya iklan-iklan yang ada di halaman google. Dan bid adalah biaya yang dikeluarkan seorang pengiklan setiap kali ada pengguna internet yang mengklik iklannya. Semakin besar bid yang dipasang, maka semakin baik posisinya di halaman google. Ada tiga pilihan konversi bid yang ditawarkan google: CPC, CPM, dan CPE.

    • CPC atau cost per clik, adalah jumlah yang harus dibayar setiap kali ada yang mengklik iklan kita
    • CPM atau Cost per Mille, berarti besaran biaya yang harus dibayar setiap seribu kali impresi terhadap iklan kita atau dengan kata lain, biaya yang kita bayar saat iklan kita ditampilkan kepada seribu orang.
    • CPE atau Cost per Engagement, adalah jumlah yang harus kita bayar saat seseorang melakukan suatu format aksi tertentu yang telah ditetapkan terhadap iklan kita, seperti iklan hover.
  3. Campaign Type

    Sebelum memulai memasarkan ad kita melalui google ads, kita harus memilihi satu dari tiga campaign types yang tersedia: search, display atau video. Ketiga tipe ini memiliki karakteristik masing-masing, berikut penjelasan singkatnya.

    • Search Ads adalah iklan yang ditampilkan di antara hasil pencarian pada halaman pencarian Google
    • Display Ads adalah gambar yang akan tampil pada laman website yang terhubung dengan Google Display Network
    • Video Ads adalah iklan video yang berdurasi enam sampai lima belas detik dan ditampilkan di youtube.
  4. Click-Through Rate (CTR)

    CTR atau Rasio Klik Tayang adalah rasio dari jumlah klik yang kamu dapat dari iklan kamu dengan jumlah berapa kali orang melihat iklan tersebut. CTR kerap kali dijadikan indikator keberhasilan pemasaran suatu Ad. Tentu semakin tinggi nilainya maka semakin relevan ad tersebut terhadap target marketingnya.

  5. Conversion Rate (CVR)

    CVR adalah rasio konversi yang terjadi terhadap kunjungan kepada landing page setelah iklan diklik dan dinyatakan dalam bentuk persentase. Secara simpelnya, semakin tinggi rasio CVR-nya maka semakin efektif iklan kalian dalam menjangkau peminatnya.

    Baca Juga : Istilah Yang Sering Digunakan Digital Agency

  6. Display Network

    Google Ads bisa saja menampilkan iklan anda di halaman pencariannya atau di laman website yang terhubung dengan Google Display Network. GDN adalah jaringan website yang telah terdaftar dan cukup syarat untuk menampilkan iklan-iklan dari google ads. Jaringan ini telah menyiapkan space untuk iklan baik dalam bentuk tulisan atau gambar yang akan ditampilkan bersamaan dengan konten yang relevan terhadap produk yang diiklankan. Iklan yang paling sering ditampilkan dan mendapatkan perhatian adalah iklan google shopping dan ikan dari sebuah aplikasi.

  7. Extensions

    Demi menjadikan ad kalian semakin efektif, Google Ads menyediakan fitur Ad Extensions yang memungkinkan kalian menambahkan informasi terkait iklan kalian tanpa perlu dikenakan biaya tambahan. Extension ini tersedia dalam lima kategori yang bisa kamu pilih: Sitelink, Call, Location, Offer dan App.

  8. Keyword

    Saat kita mengetik suatu kata di mesin pencarian Google, maka secara otomatis Google akan memberikan beberapa hasil yang sesuai atau mendekati apa yang kita cari. Keyword adalah kata atau prasa yang diperkirakan dicari oleh pengguna mesin pencari google dan akan membuat mereka puas dengannya.
    Contohnya, jika ada seorang pengguna mencari kata cara membasmi tikus, maka dia akan melihat iklan dari pengiklan yang membuat keyword “membasmi tikus” dan “obat tikus”.

  9. PPC

    Pay per Click atau disingkat PPC adalah jenis marketing iklan dengan sistem pembayaran per klik pada sebuah ad/iklan. PPC sih tidak identik dengan google karena sistem ini adalah yang paling umum ada dalam dunia paid campaign. Oleh karenanya perlu untuk memahami kekurangan dan kelebihan PPC sebelum kita melaunching Google Ad pertama kamu.

  10. Quality Score (QS)

    Quality Score adalah ukuran dari kualitas iklan kamu terhadap Click Through Rate (CTR), juga relevansi dari keyword yang kamu pilih, laman landing page kamu, dan juga histori penampilan kamu pada SERP. Quality Score ini sangat menentukan posisi kamu di Adrank lo.

Demikian beberapa istilah penting di dunia Google Ads, guys. So, jangan sampai kalian melaunching iklan kalian tanpa memahami dengan betul istilah-istilah di atas. Kalian bisa mencari informasi tambahan di google perihal istilah-istilah tersebut jika ingin mengetahuinya secara lebih mendalam.

Recent Post

Esti Endah Pratiwi Written by: