Web Development Good Practice – Part 1

Membangun sebuah website sudah menjadi hal umum. Namun tahukah kamu bahwa terdapat kaidah-kaidah pembuatan website yang baik? Yang tidak hanya meningkatkan kualitas sebuah website di mata pengguna, mesin pencari, namun juga meningkatkan nilai keamanannya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan acuan

Meta Title
Meta Title  adalah tag HTML yang mendefinisikan judul halaman Anda. Tag ini menampilkan judul halaman Anda di hasil mesin pencari, di bagian atas browser pengguna, dan juga ketika halaman Anda ditandai di daftar favorit. Tag judul deskriptif yang ringkas dan akurat yang mencerminkan topik halaman Anda penting untuk peringkat yang baik di mesin pencari

Meta Description
Meta Description adalah tag HTML yang dimaksudkan untuk menjelaskan secara ringkas isi halaman Anda. Mesin pencari menggunakan Meta Description untuk membantu mengidentifikasi topik halaman – mereka juga  menggunakan Meta Description untuk menampilkan penjelasan mengenai website di mesin pencari. Meta Description yang akurat dan mengundang dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda dan kemungkinan pengguna mengklik ke halaman Anda

Heading Tag
Periksa apakah halaman web Anda menggunakan tag header HTML H1 dan H2. Tag header tidak terlihat oleh pengguna, tetapi membantu memperjelas dan mendukung keseluruhan tema atau tujuan halaman Anda ke mesin pencari. Tag H1 menunjukkan tajuk yang paling penting, mis., Judul halaman atau posting blog. Tag H2 mewakili pos terpenting kedua di laman web, mis., Subjudul.

Robot.txt
Periksa apakah situs web Anda menggunakan file robots.txt. Ketika robot mesin pencari merayapi sebuah situs web, mereka biasanya mengakses file robots.txt situs. Robots.txt memberi tahu Googlebot dan perayap lainnya apa yang boleh dan tidak boleh dirayapi di situs Anda.

Site Map
Periksa apakah situs web tersebut memiliki peta situs. Sitemap penting karena mencantumkan semua halaman web situs dan membiarkan perayap mesin pencari merayapi situs web dengan lebih cepat dan cerdas. Peta situs juga menyediakan metadata yang berharga untuk setiap halaman web.

Broken Links
Periksa apakah situs web Anda memiliki link yang rusak atau mati. Link rusak berdampak negatif pada pengalaman pengguna dan merusak peringkat keseluruhan situs web Anda di mesin pencari.

SEO Friendly
Periksa apakah URL halaman web Anda sudah SEO Friendly. URL harus berisi kata kunci yang relevan dengan topik laman, dan tidak mengandung spasi, garis bawah atau karakter lain. Anda harus menghindari penggunaan parameter bila memungkinkan, karena membuat URL kurang mengundang bagi pengguna untuk mengklik atau membagikan. Saran Google untuk struktur URL menentukan menggunakan tanda hubung atau tanda hubung (-) daripada garis bawah (_). Tidak seperti garis bawah, Google memperlakukan tanda hubung sebagai pemisah antara kata dalam URL.

Image ALT
Periksa apakah gambar di halaman web Anda sudah memiliki  atribut alt. Jika gambar tidak dapat ditampilkan (mis., Karena sumber gambar rusak, koneksi internet lambat, dll), atribut alt memberikan informasi alternatif. Menggunakan kata kunci dan teks yang relevan dalam atribut alt dapat membantu pengguna dan mesin pencari menafsirkan subjek gambar dengan lebih baik.

Inline CSS
Periksa tag HTML laman web Anda untuk properti CSS. Inline CSS ditambahkan dengan menggunakan atribut style dalam tag HTML tertentu. Inline CSS akan meningkatkan ukuran halaman, dan sebenarnya dapat dipindahkan ke stylesheet CSS eksternal. Menghapus Inline CSS dapat meningkatkan waktu pemuatan halaman dan membuat pemeliharaan situs lebih mudah.

Deprecated HTML Tags
Periksa apakah halaman web Anda menggunakan tag HTML yang sudah lama dan usang. Tag-tag ini pada akhirnya akan kehilangan dukungan browser dan halaman web Anda akan menjadi error di mata browser.

Google Analytic Tag
Periksa apakah situs web Anda terhubung dengan Google Analytics. Google Analytics adalah alat analisis situs web populer dan gratis yang membantu memberikan wawasan tentang lalu lintas dan demografi situs Anda.

Favicon
Periksa apakah situs Anda sudah menggunakan dan mengimplementasikan favicon dengan benar. Favicon adalah ikon kecil yang muncul di tab  browser Anda. Mereka juga disimpan di sebelah judul URL Anda ketika halaman Anda ditandai. Ini membantu branding situs Anda dan memudahkan pengguna untuk menavigasi ke situs Anda di antara daftar bookmark.

Error Javascript
Periksa halaman Anda untuk error JavaScript. Kesalahan ini dapat mencegah pengguna melihat halaman Anda dengan benar dan memengaruhi pengalaman pengguna mereka. Situs dengan pengalaman pengguna yang buruk cenderung peringkat lebih buruk dalam hasil mesin pencari.

Social Media Link
Periksa apakah halaman Anda terhubung ke satu atau lebih jaringan sosial populer. Sinyal sosial menjadi semakin penting sebagai faktor peringkat untuk mesin pencari untuk memvalidasi kepercayaan dan otoritas situs

HTML Page Size
Periksa ukuran HTML halaman Anda. Ukuran HTML adalah ukuran semua kode HTML pada halaman web Anda – ukuran ini tidak termasuk gambar, javascripts eksternal atau file CSS eksternal. Ukuran yang dapat ditolerir ada dibawah 33 kb, semakin kecil semakin baik.

GZIP Compression
Periksa apakah situs web Anda menggunakan kompresi HTML. Kompresi HTML memainkan peran penting dalam meningkatkan kecepatan situs web dengan menemukan string serupa dalam file teks dan menggantinya sementara untuk mengurangi ukuran file secara keseluruhan.

Loading Time
Periksa loading time dari situs web Anda. Loading time adalah faktor penting dalam peringkat mesin pencari dan keberhasilan situs secara keseluruhan. Halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 5 detik untuk terbuka secara utuh dapat kehilangan hingga 50% pengguna. Halaman web yang memiliki loading time lebih cepat menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi, konversi yang lebih baik, dan peningkatan penjualan dibandingkan halaman dengan loading time lebih lambat.

Page Object
Periksa apakah semua objek yang diminta oleh halaman web ini dapat diambil. Jika tidak dapat diambil, halaman Anda mungkin ditampilkan secara tidak benar, yang mengarah pada pengalaman pengguna yang buruk dan peringkat mesin pencari yang lebih rendah.

Page Caching
Periksa apakah halaman Anda menggunakan cache. Cache halaman menyimpan halaman yang pernah dimuat untuk mengurangi beban server dan waktu pemuatan situs (dengan menghindari pemuatan ulang dan eksekusi skrip ). Metode caching yang umum adalah ZenCache dan WP Rocket.

Image Caching
Periksa apakah halaman Anda menggunakan tag gambar kedaluwarsa, yang menentukan tanggal kedaluwarsa untuk gambar Anda di masa mendatang. Browser pengguna akan melihat tag ini dan menyimpan gambar di browser mereka sampai tanggal yang ditentukan (sehingga tidak terus mengambil kembali gambar yang tidak berubah dari server Anda). Ini mempercepat situs Anda saat pengunjung yang kembali mendatangi situs Anda dan membutuhkan gambar yang sama.

Javascript Caching
Periksa apakah halaman Anda menggunakan header caching untuk JavaScript. Browser pengguna akan memeriksa header ini dan, jika ada, akan men-cache  JavaScript hingga tanggal yang ditentukan (sehingga tidak terus mengambil kembali file yang tidak diubah dari server Anda). Ini mempercepat situs Anda saat berikutnya pengunjung yang kembali tiba di situs Anda dan membutuhkan JavaScript yang sama.

CSS Caching
Periksa apakah halaman Anda menggunakan header caching untuk semua sumber daya CSS. Browser pengguna akan memeriksa header ini dan, jika ada, akan men-cache sumber daya CSS sampai tanggal yang ditentukan (sehingga tidak terus mengambil kembali file yang tidak diubah dari server Anda). Ini mempercepat situs Anda saat pengunjung yang kembali mendatangi situs Anda dan membutuhkan sumber daya CSS yang sama.

Javascript Minify
Periksa apakah ada file javascript eksternal yang digunakan pada halaman Anda. File yang diperkecil akan mengurangi ukuran halaman dan waktu muat keseluruhan.

CSS Minify
Periksa apakah ada file CSS yang digunakan di halaman Anda. File yang diperkecil akan mengurangi ukuran halaman dan waktu muat keseluruhan.

 

To be continued…

Share this :

Recent Post

Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.