Topik di Social Media yang Mudah Menyebar

Otak manusia adalah organ yang paling kompleks. Setiap otak manusia memiliki sekitar 16 milyar neuron yang saling terhubung.

Hal tersebut memungkinkan kita mengendalikan setiap organ tubuh, baik kita sadari maupun terjadi secara otomatis. Hal tersebut juga memungkinkan manusia mengolah berbagai jenis pemikiran sebagai repons terhadap rangsangan yang diterima oleh panca indera kita.

Namun demikian telah diketahui bahwa otak manusia ternyata memiliki kecenderungan untuk lebih mudah memproses hal negatif dibandingkan hal positif atau netral. Artinya, dalam bobot paparan yang sama hal negatif akan lebih banyak mempengaruhi psikologis manusia dibandingkan hal positif.

Ini disebut Negativity Bias.

Karena itu dapat dipahami jika berita negatif akan jauh lebih cepat menyebar dibandingkan berita positif, dan itu yang saat ini banyak digunakan oleh media online demi memperoleh level interaksi yang tinggi. Lupakan kebenaran berita yang penting buat headlines bernada negatif, pasti akan mudah menyebar.

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Pastinya be smart.. Baca dulu beritanya, karena seringkali headlines sengaja dibuat untuk menyesatkan

Be logic.. Kalau secara logika gak masuk diakal gak usah dishare trus ditambahin embel-embel ‘Berita ini bener gk sih?’

Be kind.. Kalau beritanya negatif dan tidak membawa manfaat, gak usah lah dishare. Kasihan juga orang yang diberitakan

Kita akan coba bikin eksperimen kecil untuk melihat kebenaran teori diatas. Cheers!

Share this :

Recent Post

Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.