Tips dan Trik Menyusun Strategi Digital Marketing

Bisnis dan marketing (digital marketing) adalah dua hal yang tak terpisahkan. Tanpa marketing yang baik bisnis kalian tidak akan berkembang guys, bahkan untuk bertahan saja bakalan susah. Bayangkan kalian punya usaha kuliner yang super lezat, tapi tidak ada yang beli atau hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. Tentunya kelezatannya tidak akan memberikan keuntungan apapun kan guys. Oleh karena itu, strategi pemasaran sangat diperlukan dala suatu bisnis. Terlebih di dunia yang serba digital ini, maka strategi pemasaran berbasis digital marketing wajib ada.

digital marketing

Digital marketing bahkan dianggap lebih efektif dan efisien dalam memasarkan bisnis kita. bisnis atau start up kalian udah punya strategi digital marketing yang baik belum guys? Sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk menyusun strategi ini, baik kalian sudah bertahun-tahun menggeluti bisnis tersebut ataupun baru saja membentuknya kemarin sore. Karena strategi yang baik akan memudahkan kita menggapai goal atau tujuan dari usaha kita tersebut
Berikut kami akan memberikan beberapa tips dalam membangun strategi pemasaran berbasis digital untuk usaha kalian guys.

  1. Tentukan goals atau tujuan dari bisnis kalian

    Eits, jangan mengernyitkan dahi dulu guys! Memang ini terkesan sepele, tapi banyak para pebisnis muda yang bahkan belum tahu kemana dia akan membawa perusahaan atau start up-nya. Nah, sebelum menyusun strategi pemasaran apapun, kita perlu menentukan sebenarnya apa sih tujuan kita mendirikan bisnis? Dan tentunya tujuan marketing kita? apakah untuk mempertegas eksistensi bisnis kita di kawasan atau untuk menaikkan ranking start up kita di search engine? Tentunya hal ini dapat kalian tentukan dengan menyadari posisi usaha kalian sekarang dan bagaimana kalian menginginkan masa depan perusahaan tersebut.

  2. Identifikasi target konsumen kalian!

    Salah satu poin vital dalam strategi digital marketing adalah menetukan target konsumen kita. bayangin aja jika tidak mengenal siapa tujuan marketing kalian, untuk apa strategi segala? Toh marketingnya juga akan mengambang kan? Memang dengan adanya banyak platform digital, kita sekarang bisa dengan mudah menggapai setiap orang di dunia ini. Tapi yang menjadi masalah, orang yang mana? Oleh karenanya sangat penting untuk menentukan target pasar. Mulailah dengan menentukan klasifikasi konsumer tujuan kita, seperti gender, umur dan lokasi. Kemudian masuk agak lebih mendalam dengan mengidentifikasi hobi, minat, pekerjaan, dan lainnya. Google analytics sangat dapat diandalkan dalam hal ini.

  3. Pelajari kompetitor kalian

    Demi memperkuat marketing kalian, tentunya mengetahui siapa kompetitor atau pesaing kalian adalah salah satu jalan pintas yang terbaik. Kemudian analisa dan pelajarilah apa yang mereka kerjakan sehingga kalian akan lebih mudah menemukan target pasar kalian. Buatlah catatan-catatan tentang bagamana kompetitor kalian bergerak di setiap platform digital. Baca Juga : Mengenal Drip Marketing. Dengan bantuan SEO Optimizer kalian akan dengan mudah mengetahui kata kunci yang memiliki trafik paling tinggi ke situs kompetitor kalian. Tapi perlu diingat, kalian bukannya mengkopi seratus persen strategi lawan, tapi kalian mempelajarinya dengan baik kemudian buatlah strategi dengan gaya kalian sendiri.

  4. Search Engine Marketing

    Search Engine Marketing (SEM) dasarnya adalah gerakan mempromosikan situs kalian. SEM akan memaksimalkan performa situs kalian di search engine sehingga dapat digapai dengan mudah oleh penghujung. SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu komponen dari SEM. Semakin baik SEO situs kalian, maka akan semakin banyak trafik pengunjung di situs tersebut. Maka, penting sekali memperhatikan SEO situs kalian. Jika perlu pekerjakan teknisi ahli atau jalin kemitraan dengan perusahaan yang bergerak di bidang pengoptimalan SEO.

  5. Marketing melalui Media Sosial dan Surel

    Dewasa ini, tak lengkap rasanya berbicara tentang digital tanpa menyebut media sosial. Melauli media sosial kita akan dengan mudah mengoptimalkan marketing dengan mengirim tulisan, foto atau video yang berkaitan dengan pemasaran bisnis kita. saat ini sangat banyak media sosial yang menyediakan fitur iklan, seperti fecebook, instagaram, dan youtube. Kita juga bisa menggunakan jasa influencer yang bergerak di media sosial.

  6. Digital Marketing dengan membuat konten

    Marketing dengan membuat konten adalah langkah konvensional yang sudah ada sejak dahulu kala. Akan tetapi dengan adanya basis digital saat ini, penyebaran konten marketing bisnis kita menjadi sangat mudah. Konten tersebut bisa berarti tulisan blog, webinar, ebook, artikel dan lain sebagainya.

 

digital marketing

Demikian beberapa tips dan trik dalam menyusun strategi digital marketing yang dapat memperbesar jangkauan bisnis atau perusahaan rintisan kalian. Tentunya setelah melakukan beberapa poin tersebut di atas, kalian tetap harus mengevaluasi dan menghitung keberhasilan marketing kalian. Dan kemudian memperbaiki setiap kesalahan sehingga usaha kalian akan semakin membesar. Good luck, bro!

Recent Post

Armand Surya Written by:

A super saiyan in disguise. Secretly study humanity as part of his counter intelligence work at Dipstrategy