Menampilkan data ‘not provided’ di Google Analytics

Google Not Provided
Image Courtesy of www.blueclawsearch.co.uk

Bagi yang sering melakukan analisa dengan menggunakan Google Analytics (GA) pastinya sudah tidak asing dengan istilah ‘not provided‘.

Value ini sering ditemui saat mengambil metric yang berhubungan dengan keyword. Google tidak menyajikan data ini karena tuntutan terhadap penerapan Privacy Policy terhadap pengguna mesin pencari mereka. Jika pengguna mesin pencari Google melakukan pencarian dalam keadaan logged-in di akun Google-nya maka keyword yang digunakan tidak akan ditampilkan di GA.

Data Keyword yang 'not provided' mencapai 97%
Data Keyword yang ‘not provided’ mencapai 97%

Tidak tampilnya data keyword ini merupakan kehilangan yang sangat besar bagi proses analisa. Data ini merupakan salah satu key metric yang paling berharga untuk menghasilkan analisa silang dengan metric lain. Dalam fungsinya yang lebih sederhana, data ini dapat memberikan pemahaman terhadap animo user terhadap website yang dikunjunginya.

 

Google Webmaster Tools

Ketika GA menyajikan data yang berasal dari perilaku kunjungan di dalam website, Google Webmaster Tools (GWT) menyajikan data dari sudut pandang yang berbeda.

Data keyword pada Google Webmaster
Data keyword pada Google Webmaster

GWT memperoleh data dari perilaku pengguna di mesin pencari Google. Nampaknya hal tersebut tidak menimbulkan masalah dengan Privacy Policy karena melalui cara tersebut kita masih dapat memperoleh data keyword yang digunakan untuk mengunjungi website kita.

Walaupun demikian perlu dipahami bahwa data ini berasal dari sumber yang berbeda dari data lain yang ada di GA. Karenanya jika dipelajari akan menyisakan perbedaan nilai yang cukup signifikan.

Di GWT kita akan menjumpai metric ‘Clicks‘, yaitu jumlah klik yang terjadi pada hasil pencarian Google yang mengarah ke website kita. Sementara di GA kita akan menjumpai ‘session‘ yaitu banyaknya kunjungan yang terjadi di website kita. Logikanya jumlah ‘Clicks‘ dan ‘Session‘ akan sama, namun kenyataannya tidak demikian. Hal ini terjadi karena ‘Clicks‘ sudah dihitung saat terjadi klik di mesin pencari Google, sedangkan ‘Session‘ dihitung setelah halaman website selesai di-load. Belum tentu user yang melakukan klik di mesin pencari benar-benar menunggu sampai halaman tersebut selesai di-load.

Untuk mempermudah analisa, kita dapat menghubungkan data GWT dengan GA melalui tampilan Admin di GA. Data GWT akan muncul di menu Acquisition > Search Engine Optimization > Queries.

Menghubungkan akun Google Analytic dengan Google Webmaster
Menghubungkan akun Google Analytic dengan Google Webmaster

 

Data search queries dari Google Webmaster ditampilkan di Google Analytics
Data search queries dari Google Webmaster ditampilkan di Google Analytics setelah kedua akun tersebut dihubungkan

Sekali lagi perlu diingat bahwa data ini adalah metric yang berasal dari GWT, karenanya tidak dapat disilangkan dengan metric lain yang ada di GA. Namun demikian cukuplah berguna untuk kita melakukan analisa terhadap animo user terhadap materi yang ada di website kita.

Semoga berguna. Salaaam.

 

 

 

Share this :

Recent Post

Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.