Google Ads, Tipe -tipe pilihan Campaign untuk pengiklanan di Google

Di era globalisasi ini, sangat mudah untuk memasarkan produk bisnis kita. Di antara banyak sekali pilihan lapak promosi, Google Ads merupakan pilihan utama advertiser. Baik yang sudah berpengalaman hingga yang baru memulai startup bisnisnya. Menjadi pilihan utama, bukan hanya karena lapak pengiklanan google adalah yang paling awal muncul di dunia digital, tetapi juga karena fasilitas dan opsi pilihan pengiklanan yang disediakan sangat beragam. Kalian bisa memilih beberapa campaign types atau cara pengkampanyean iklan kalian yang terdapat di google Ads.

pengikalanan di Google Ads

Berikut kami akan paparkan sebagian penjelasan singkat setiap tipe campaign yang disediakan Google dan juga kenapa kalian harus memilih salah satu di antara mereka.

Search Ad Campaign

Search Ad adalah ikaln berbentuk tulisan yang muncul di halaman pencarian Google. Misalnya jika anda mengiklankan sebuah produk material bangunanan menggunakan search Ads Campaign, maka saat ada seseorang yang mengetik pencarian material bangunan, maka iklan anda jika ratingnya tinggi akan muncul di atas hasil pencariannya.

Kelebihan jenis campaign ini adalah iklan kalian akan muncul di tempat yang dilihat pertama kali oleh si pencari atau pengguna google. Format yang ditampilkan juga sama persis dengan hasil pencarian google, hal ini tentunya dapat menambah impresi dan ketertarikan target marketing kita.

Search Ads Responsif

Google juga menawarkan search Ads yang responsif dan menjadi salah satu kelebihan campaign jenis ini. Dengan iklan yang responsif ini kalian menambahkn beberapa headlines dan deskripsi iklan untuk search Ad. Bahkan kalian bisa menambahkan beberapa variasi yang akan otomatis dirandom oleh google setiap kali ditampilkan. Hal ini tentunya jauh lebih baik daripada headline dan deskripsi meta yang sama untuk setiap penampilan iklan.

Responsive search ad ini juga akan secara otomatis menilai versi mana yang paling banyak diklik, sehingga akan menjadikannya sebagai opsi utama untuk ditampilkan. So, pastinya iklan kalian bakalan lebih banyak mendapatkan perhatian dari audiens.

Display Ad Campaign

Google memiliki jaringan website dalam berbagai bidang yang terdaftar untuk menampilkan google ads. Jaringan ini dinamakan google display network. Setiap website yang telah mencukupi syarat google akan menampilan iklan google ads dan mendapatkan keuntungan setiap kali ada yang mengklik iklan tersebut.

Nah, pengiklan melalui display Ad ini tentunya akan mendapatkan keuntungan dengan penampilan iklan mereka di jaringan tersebut sesuai dengan tema dan format iklan mereka. Sehingga tentunya akan lebih banyak kemungkinan adanya impresi dan klik dari pengguna internet.

Video Ad Campaign

Jika mengiklan dengan jenis campaign ini maka iklan kita akan ditampilkan di sela-sela video youtube. Perlu diingat youtube juga mesin pencarian, sehingga pemilihan keyword yang tepat dapat memaksimalkan penempatan iklan kalian di video yang tepat.

Video iklan kita akan ditampilkan pada video-video yang telah memiliki view yang banyak dan tentunya subscriber yang melebihi standar yang ditentukan pihak youtube. Apalagi di zaman milenial ini, siapa coba yang gak kenal dengan namanya youtube. Orang pada berlomba-lomba membuat akun youtube dan kita sebagai advertiser harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengiklankan produk kita, guys.

App Ad Campaign

Jika kalian adalah seorang developer aplikasi dan ingin mengiklankannya melalu tipe campaign ini, maka iklan aplikasi kalian akan ditampilkan di banyak tempat. Tidak hanya di google search network, iklannya akan ditampilkan di youtube, google play, google display network dan lain sebagainya. Dengan demikan kalian bisa mengajak audiens untuk mengunduh aplikasi kalian atau untuk mengambil tindakan tertenteu terkait aplikasi tersebut jika ternyata mereka telah menginstalnya.

Baca Juga : Istilah Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Ingin Beriklan di Google

Tidak seperti tipe campaign yang lain, kalian tidak perlu mendesain iklan aplikasi kalian. Cukup deskripsikan informasi tentang aplikasi kalian dan target audiensnya serta pasang bid kalian, setelah itu google akan mengurus sisanya dan menemukan audiens yang tepat untuk kalian.

Shopping Ad Campaign

Tipe kampanye lainnya yang disediakan oleh google adalah Shopping Ad Campaign. Sama seperti tipe campaign lainnya, iklan kalian akan ditampilkan di setiap google patform berupa informasi produk bahkan harga dan foto tampilan produk tersebut.

Shopping Ad juga menawarkan kalian untuk mengiklankan langsung produk kalian dengan harganya secara khusus daripada menampilkan deskripsi brand kalian secara umum. Misalnya kalian ingin mempromosikan sepatu olahraga, maka kalian bisa langsung menampilkan foto sepatu beserta harga dan informasi utama tentang sepatu tersebut. Sehingga pengguna google akan melihat foto sepatu kalian sama seperti yang ada di platform jual beli online. Tentunya hal ini lebih menarik audiens untuk mengklik iklan anda.

So, sudah pada tahu kan jenis-jenis campaign yang ditawarkan oleh google? Jadi, kalian mau memilih yang mana nih untuk campaign iklan kalian. Semoga berhasil, guys.

Recent Post

Armand Surya Written by:

A super saiyan in disguise. Secretly study humanity as part of his counter intelligence work at Dipstrategy