Digital Agency Jakarta: Strategi Menjaga Keamanan Sebuah Website dengan SSL

Last updated on December 20

Menjaga Keamanan Website oleh Digital Agency Jakarta melalui SSL

Website menjadi salah satu media penting yang sebaiknya dimiliki oleh para pelaku bisnis. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, pemanfaatan website sebagai media marketing sangat diutamakan. Bahkan website bisa disebut sebagai aset bagi suatu bisnis. Pemanfaatan website untuk melakukan aksi marketing bisa dilakukan dengan bantuan jasa digital agency Jakarta yang terpercaya.

Pentingnya Menjaga Keamanan Website

Perlu diketahui bahwa website adalah aset dari suatu bisnis. Jadi, menjaga keamanan suatu website jelas menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pastikan website yang digunakan selalu stabil dan tidak mudah untuk dimasuki oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Semua data yang ada pada website harus terjamin aman dan stabil untuk diakses oleh pengunjung.

Standar keamanan website harus dipastikan memiliki kualitas yang bagus. Salah satu faktor penting yang akan berpengaruh pada keamanan website adalah SSL. Berikut akan dibahas lebih jauh lagi mengenai pengertian SSL sekaligus seperti apa cara kerjanya dalam menjaga keamanan suatu website.

Apa Itu Security Socket Layer (SSL) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

SSL merupakan kependekan dari Secure Socket Layer. Komponen ini berperan penting dalam suatu website dan akan menjaga data terkenkripsi secara aman. SSL akan memfasilitasi proses transfer data di dalam suatu website berjalan dengan aman. Perlu diketahui bahwa SSL punya peran yang sangat penting dan memang wajib dimiliki oleh website apalagi untuk keperluan marketing.

Peran penting SSL sendiri juga diakui oleh mesin pencari. Google Chrome juga menganggap SSL sebagai komponen penting dari suatu website. Mereka akan melabeli website tanpa SSL dan menunjukkannya sebagai not secure website. Jika ada tampilan not secure, maka pengunjung pun juga akan ragu dan akhirnya tidak jadi mengunjungi website apalagi melakukan transaksi di sana.

SSL Membuat Website Lebih Aman untuk Bertransaksi

Dalam dunia bisnis, penggunaan website tidak hanya sekadar sebagai media iklan. Lebih dari itu website akan menjadi media yang memfasilitasi proses transaksi konsumen. Keberadaan SSL akan membantu memberikan jaminan bahwa proses transaksi akan berlangsung aman. Data transaksi yang dimiliki klien akan terenkripsi aman dan tidak tersebar ke pihak lain.

Keamanan inilah yang dibutuhkan oleh konsumen. Tentu kita tidak mau melakukan transaksi yang tidak aman, bukan? SSL dalam suatu website akan memberikan kenyamanan bagi konsumen dan membuat mereka percaya untuk bertransaksi. Dengan adanya SSL maka konsumen bisa lebih yakin membeli produk dari website tersebut. Itulah sebabnya SSL ini memiliki peran sangat penting bagi website bisnis.

Website yang Butuh SSL

Pada dasarnya semua jenis website akan membutuhkan peran dari SSL, melihat betapa penting fungsi yang diberikan. Semua jenis website pasti membutuhkan jaminan keamanan data dan hal ini bisa diberikan oleh SSL. Namun, ada beberapa tipe website yang memang sangat membutuhkan SSL atau bisa dikatakan wajib memiliki SSL.

Jenis website pertama yang sangat butuh SSL adalah website bisnis. Jelas sekali bahwa website ini membutuhkan SSL yang akan menjamin keamanan data bisnis sekaligus transaksi konsumen. Selain itu website pendidikan juga butuh peran SSL untuk menjaga keamanan data penggunanya. Website di bidang keuangan juga sama-sama membutuhkan jaminan keamanan dari SSL.

Itulah pembahasan singkat mengenai SSL dan fungsinya bagi suatu website. Perannya sebagai penjaga keamanan website harus benar-benar dipahami oleh para pelaku usaha. Layanan digital agency Jakarta dapat memberikan konsultasi mengenai masalah website dan SSL tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar, pertanyaan, serta share artikel ini di media sosial ya!

Baca juga : PENTINGNYA MENGECEK VALIDASI W3C PADA SEBUAH WEBSITE

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.