Digital Agency Jakarta: Seberapa Penting Kecepatan Website untuk Pengoptimalan SEO?

Pengaruh Kecepatan Website untuk Optimasi SEO

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, teknik optimasi SEO semakin ramai dimanfaatkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa sebuah website juga meningkatkan angka pengunjungnya. Digital Agency Jakarta menjadi salah satu jasa yang tepat di bidang optimasi sebuah website ini. Layanan ini akan membantu proses pengoptimalan SEO berjalan lancar seiring dengan kecepatan website yang meningkat.

Tentang Page Loading Speed

Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai hubungan kecepatan dari sebuah website dengan teknik pengoptimalan SEO. Agar bisa mengetahui seperti apa hubungannya, maka perlu dipahami dulu apa sebenarnya kecepatan website atau yang biasa disebut page loading speed.

Page loading speed merupakan waktu muat sebuah website. Artinya, hal ini merupakan waktu atau kecepatan yang dibutuhkan untuk masuk ke laman sebuah website. Ketika Anda melakukan klik ke sebuah link website maka page loading speed adalah waktu berapa lama Anda harus menunggu untuk masuk ke laman tersebut.

Lalu, berapa lama waktu muat rata-rata untuk website populer di dunia? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu muat website-website dunia berkisar di angka 9,82 sampai 13,84 detik. Angka ini bisa menjadi acuan untuk mengetahui apakah website Anda sudah cukup efektif dengan waktu muat yang optimal atau belum. Website Agency Jakarta pun memakai acuan ini untuk menghasilkan waktu muat website tercepat.

Berapa lama kira-kira waktu muat website Anda? Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan beberapa tools. Anda bisa menggunakan Free Speed Test, Web Site Optimization, Pingdom Tools, serta GT Metrix. Konsultasikan dengan Digital Agency Jakarta agar waktu muat website Anda bisa lebih baik lagi.

Pengaruh Waktu Muat Website terhadap SEO

Mengapa waktu muat website ini begitu penting? Ternyata waktu muat sebuah website berpengaruh besar terhadap pengoptimalan SEO. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat waktu muat berpengaruh pada SEO:

  1. Meningkatkan User Experience 

    Semakin cepat waktu muat sebuah website maka semakin bagus juga pengalaman yang didapatkan oleh pengguna. Hal ini akan berpengaruh pada nilai sebuah website. Semakin bagus user experience maka akan semakin tinggi juga performa website tersebut.

  1. Menambah Nilai Konversi 

    Waktu muat yang baik juga akan meningkatkan nilai konversi. Semakin cepat waktu muat sebuah website, maka akan semakin tinggi peluang pengunjung untuk melakukan tindakan yang ditargetkan. Setiap 1 detik peningkatan waktu muat, menghasilkan peningkatan konversi sebanyak 2%.

  1. Meningkatkan Ranking 

    Jika waktu muat sebuah website semakin cepat, maka ranking atau peringkat website juga akan meningkat. Google akan memperhatikan page speed untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna. Jika waktu muatnya cepat maka Google juga akan membaca website tersebut memiliki performa yang optimal.

Cara Mempercepat Waktu Muat

Website Agency Jakarta merekomendasikan Anda untuk segera mempercepat waktu muat website. Anda tentu juga berharap bisa memiliki sebuah website yang waktu muatnya terhitung cepat. Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dicoba untuk mempersingkat page loading speed ini. Berikut adalah beberapa upaya yang bisa dilakukan:

  • Kurangi plugin yang tidak dibutuhkan
  • Perkecil size gambar di website
  • Aktifkan Gzip compression
  • Lakukan optimasi database
  • Pilih layanan hosting yang cepat

Jika dirasa masih sulit untuk mempersingkat waktu muat website Anda, segera lakukan konsultasi dengan ahlinya. Hubungi jasa Digital Agency Jakarta DiPStrategy untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan waktu muat website demi meningkatkan ranking dan user experience. Setelah page loading speed semakin singkat, website pasti bisa berjalan lebih optimal.

Baca juga : Mengenal Pentingnya Favicons Untuk Keperluan Seo

Recent Post

Frinaldy Wibianto Written by:

No one is perfect. That’s why pencils have erasers.