Digital Agency Jakarta: Indikator Pengoptimalan SEM

Optimalkan SEM dengan Layanan Digital Agency Jakarta                  

SEM atau Search Engine Marketing merupakan bentuk promosi sekaligus pemasaran secara online di internet. SEM dikenal juga sebagai salah satu strategi digital marketing. Bahkan saat ini sudah cukup banyak digital agency Jakarta yang menawarkan layanan tersebut.

Apa Itu SEM?

Sederhananya, SEM adalah media promosi yang memiliki fungsi sama dengan SEO. Fungsinya yaitu agar website yang Anda gunakan untuk pemasaran muncul di halaman utama mesin pencari.

Contoh cara kerjanya seperti, Anda membuat sebuah website untuk menjual sepatu. Kemudian Anda mengoptimasi kata kunci “Sepatu Murah” untuk website Anda agar website Anda muncul pada orang yang mengetik kata kunci tersebut di Google.

Dengan begitu, kemungkinan website Anda muncul di Google semakin tinggi. Terlebih SEM merupakan fitur resmi dari Google yang menampilkan hasil pencarian berbayar.

Daftar Metrik untuk Mengukur Keberhasilan SEM

Kebanyakan SEM agency Jakarta menggunakan beberapa metrik untuk mengetahui keberhasilan SEM. Berikut jenis-jenis metrik tersebut dan penjelasannya.

1.     Click Through Rate (CTR)

Untuk mengukur performa suatu Ads, biasanya SEM agency Jakarta menggunakan CTR. Pasalnya, metrik yang satu ini mampu menentukan quality score dan juga ketertarikan audiens saat melihat Ads SEM tersebut.

2.     Conversion Rate

Untuk mengetahui seberapa sering audiens mengklik iklan yang tayang dari SEM, maka Anda bisa menggunakan conversion rate. Metrik ini juga bisa digunakan agar audiens mau melakukan kegiatan yang Anda harapkan, contohnya melakukan pembelian.

3.     Search Impression Share

Metrik yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menentukan kesuksesan campaign SEM. Meski kurang digunakan, namun faktanya search impression share mampu menginformasikan berapa persen iklan Anda harus ditayangkan.

4.     Quality Score

Sebagai penyedia layanan SEM, Google juga telah menyediakan sebuah metrik khusus. Metrik tersebut yaitu quality score yang fungsinya untuk mengevaluasi kata kunci yang Anda gunakan untuk menentukan ranking iklan Anda di mesin pencari. Alat ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi biaya per klik.

5.     Bounce Rate

Nilai bounce rate bisa Anda jadikan sebagai metrik dan juga indikator yang penting. Jika nilai bounce rate hampir 100%, maka campaign iklan SEM Anda sedang bermasalah. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengetahui jika ada masalah dengan campaign Anda.

6.     Keywords

Kata kunci atau keywords merupakan bagian yang penting di dalam SEM. Kata kunci akan menentukan kapan dan di mana iklan SEM Anda akan muncul. Untuk melacak performa keywords, Anda juga bisa menggunakan tool bernama AdWords Statistic.

7.     Google Analytics dan Conversion Tracking

Dengan metrik Google Analytics, kini Anda bisa mengetahui data terkait jumlah audiens yang mengunjungi website Anda. Selain itu, tool ini juga memberikan informasi cara audiens menemukan website Anda.

Selain metrik-metrik yang kami informasikan di atas, juga masih ada metrik lain yang bisa Anda gunakan. Silahkan pilih salah satu atau beberapa jenis metrik untuk mengukur tingkat kesuksesan campaign SEM yang Anda aplikasikan.

Konsultasikan SEM Bersama DiPStrategy

Masih bingung tentang mengoptimalkan SEM dan bagaimana cara mendatangkan keuntungan dengan SEM? Konsultasikan permasalahan terkait digital marketing Anda kepada DiPStrategy.

Sebagai informasi, DiPStrategy merupakan digital marketing agency yang kredibel. Layanannya akan membantu Anda untuk mengoptimalkan strategi pemasaran secara online untuk mendatangkan keuntungan yang optimal.

Demikian informasi seputar SEM dan juga metrik untuk mengoptimalkan SEM Anda. Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan strategi SEM, Anda bisa langsung mengunjungi website DiPStrategy yang merupakan salah satu digital agency Jakarta terpercaya.

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.