Cara Research Keyword SEO Paling Efektif dan Akurat

4 Cara Research Keyword Mudah dan Efektif

SEO (Search Engine Optimization) tidak akan bekerja dengan optimal tanpa ada keyword atau kata kunci yang relevan. Itulah yang menjadi alasan kenapa research keyword merupakan bagian penting dalam teknik SEO menurut digital agency Jakarta.

Digital agency Jakarta sendiri merupakan sebuah jasa SEO profesional dan berpengalaman. Bagi Anda yang ingin tahu teknik research keyword yang baik dan benar, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pentingnya Research Keyword dalam Digital Marketing

Menurut para ahli seperti SEO agency Jakarta, riset kata kunci merupakan bagian dari teknik SEO. Fungsinya yaitu untuk membantu menemukan keyword yang tepat.

Maksud keyword yang tepat adalah keyword yang relevan dengan produk, layanan maupun konten yang Anda miliki. Tujuannya agar produk, jasa atau konten pada website Anda menjadi mudah ditemukan.

Adapun riset kata kunci itu sendiri yaitu meliputi beberapa aspek berikut:

  • Melakukan perbandingan kata kunci yang prospektif.
  • Melakukan analisa mendalam terhadap kata kunci.
  • Membuat prioritas peluang keyword terbaik untuk website.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci yang Efektif

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa cara ampuh meriset kata kunci yang sering digunakan oleh SEO agency Jakarta.

1.     Mempelajari Niche

Sebelum mencari kata kunci, alangkah baiknya Anda pelajari terlebih dahulu niche atau topik konten milik Anda.

Kenali tips agar Anda bisa mempelajari niche untuk mencari kata kunci yang tepat. Caranya adalah dengan mencari tahu istilah apa yang biasa digunakan pelanggan saat mencari produk milik Anda.

2.     Mengumpulkan Istilah yang Relevan

Setelah mempelajari niche milik Anda, buatlah list istilah yang berkaitan dengan topik atau niche tersebut.

Contohnya Anda adalah penjual kaos online. Lalu sudah mendapatkan kata kunci yang sesuai niche seperti “jual kaos couple”. Setelah itu, silahkan Anda buat daftar istilah-istilah yang relevan.

Contoh istilah yang relevan untuk keyword tersebut seperti “kaos pria”, “kaos perempuan”, “jual kaos murah”, dan lainnya.

Silahkan Anda buat sebanyak mungkin. Cara ini tergolong ampuh untuk SEO agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari.

3.     Membuat Daftar Kata Kunci Unggulan

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat seed keyword atau daftar kata kunci unggulan. Langkah ini bisa Anda proses setelah melakukan riset keyword sesuai niche dan menemukan kata kunci yang tepat.

Sederhananya, seed keyword sendiri adalah benih kata kunci. Ada juga yang menyebutnya sebagai kata kunci fokus. Dalam istilah lain seed keyword juga sering disebut ‘kata kunci unggulan’.

Melalui teknik ini Anda bisa mengetahui siapa kompetitor yang paling berpengaruh. Dengan begitu, Anda bisa menemukan titik lemah dari pesaing.

4.     Menganalisa Kompetitor

Selain riset kata kunci, Anda juga harus menganalisa kompetitor. Karena menurut website agency Jakarta, analisa kompetitor juga berperan penting.

Cari tahu celah apa yang bisa membuat SEO Anda kuat dari kompetitor. Contohnya seperti memilih kata kunci dengan tingkat difficulty rendah yang jarang digunakan kompetitor.

Penutup

Kata kunci berperan penting pada bisnis online, khususnya untuk yang sudah punya website bisnis. Pencarian kata kunci yang baik dan benar akan berimplikasi pada bisnis Anda.

Semakin optimal Anda melakukan riset kata kunci, maka semakin bagus juga untuk SEO. Maka dari itu, pastikan Anda mencari keyword yang efektif dan mampu mendongkrak keuntungan bisnis.

Masih bingung bagaimana cara melakukan research keyword yang baik dan benar? Percayakan saja kepada website agency Jakarta, sekaligus jasa SEO ternama yaitu DiPStrategy. Selamat mencoba.

Baca juga : 10 Tren Seo Paling Penting Yang Wajib Diikuti Di Tahun 2021

Recent Post

Jules Bonardo Written by: