Cara Kerja Email Marketing dan Contohnya

Layanan Email Marketing Agency Terbaik dan Terpercaya

Saat ini cukup banyak layanan email marketing agency di Indonesia. Perusahaan tersebut menawarkan jasa email marketing yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Namun tahukah Anda bagaimana email marketing tersebut bekerja?

Di sini kami akan coba jelaskan apa itu email marketing, dan juga contohnya. Jadi, simak artikel ini hingga selesai.

Sekilas Tentang Email Marketing dan Contohnya

Email marketing berisi sebuah pesan yang berkaitan dengan brand dan perusahaan. Contohnya seperti informasi produk, promosi, penawaran menarik dan sejenisnya.

Sedangkan untuk contohnya ada dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Promotional: jenis email marketing yang berisi tulisan promosi. Contohnya diskon akhir bulan, diskon hari raya, dan lainnya.
  • Informational: jenis email marketing bertujuan untuk memberikan informasi. Contohnya informasi produk terbaru, informasi layanan terbaru, dan lainnya.

Mitos Tentang Matinya Email Marketing

“Email marketing sudah mati” bukanlah topik baru. Bahkan  hingga saat ini masih banyak yang meragukan apakah strategi tersebut akan tetap hidup di dunia digital marketing atau tidak?

Tapi ada sejumlah fakta menarik tentang email yang perlu Anda ketahui. Fakta-fakta tersebut bisa menjadi landasan kenapa strategi ini masih cocok untuk diaplikasikan. Berikut fakta-faktanya.

  • Menurut data dari Statista, di tahun 2019 ada 3,9 triliun pengguna email aktif di seluruh dunia. Bahkan jumlahnya di tahun ini pun terus meningkat meski tidak signifikan.
  • Menurut data dari Fluent Inbox Report, sekitar 80% penduduk Amerika memeriksa email paling tidak satu kali sehari.
  • Menurut Emarsys, 80% pebisnis masih meyakini bahwa email marketing mampu meningkatkan customer retention.

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Masih kurang yakin dengan layanan digital agency Jakarta terkait email marketing? Berikut kami jelaskan apa saja keuntungan menggunakan layanan tersebut.

  • Menghemat biaya promosi. Pasalnya, pemilik email bisa menggunakannya secara gratis, termasuk untuk kebutuhan bisnis.
  • Jumlah pengguna email berbanding lurus dengan banyaknya pengguna smartphone dan media sosial. Artinya jumlah pengguna email masih tergolong banyak.
  • Promosi menggunakan email marketing tergolong mudah. Selain itu setiap pengguna bisa mengukur dan mengevaluasi hasil promosi dan pemasaran secara teratur.
  • Informasi yang dikirim terbilang cepat dan juga praktis.
  • Email marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang bersifat personal. Artinya pelaku usaha bisa memberikan perhatian yang lebih besar kepada para pelanggannya.
  • Sebagai jembatan yang memudahkan interaksi antara pelaku usaha dan customer maupun calon customer.

Cara Kerja Email Marketing

Kini Anda bisa memercayakan optimasi email marketing ke sebuah layanan digital agency marketing. Perusahaan tersebut menyediakan layanan yang memudahkan promosi dan pemasaran Anda.

Email marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran digital. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Menulis sebuah pesan di dalam email kemudian dikirimkan kepada customer atau calon customer.
  • Email server kemudian mengirimnya ke akun-akun yang dituju.
  • Email yang sudah terkirim akan tersimpan pada email server agar penerima bisa menemukannya dengan mudah.

Sebagai informasi, kini telah hadir tool yang memudahkan kampanye email marketing Anda. Tool tersebut yaitu ESP (Email Service Provider) yang dapat membantu optimasi email marketing menjadi lebih mudah.

Cara Kerja ESP

ESP merupakan email marketing platform. ESP juga dikenal juga sebagai tools atau software yang sudah sering digunakan oleh para pelaku usaha.

ESP merupakan sebuah tools yang membantu pelaku usaha untuk mengelola kampanye email marketing mereka. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memudahkan promosi melalui email.

ESP memiliki banyak kelebihan yang bisa membantu Anda untuk menjalankan email marketing secara optimal. Tool ini juga cocok untuk yang baru terjun di dunia bisnis agar bisa meraih sukses pada kampanye email marketing.

Baca juga : SENI MEMBUAT COLD EMAIL, INI 5 TIPS PALING PENTING!

Demikian informasi seputar email marketing dan kelebihannya. Ingin mengoptimalkan pemasaran menggunakan strategi tersebut? Hubungi segera email marketing agency terpercaya, Dipstrategy untuk berkonsultasi.

Recent Post

Armand Surya Written by:

A super saiyan in disguise. Secretly study humanity as part of his counter intelligence work at Dipstrategy