6 Contoh Sopan Santun yang Dapat Diterapkan di Jalan Raya

DTUdxt0VwAEjLj4

Pentingnya memahami etika dan sopan santun di jalan raya tidak hanya berpengaruh pada ketertiban umum, namun juga dapat menurunkan tingkat kecelakaan.

 

Seringkali kita melihat mobil atau motor ugal-ugalan di jalan, pengendara yang meludah sembarangan, dan lain sebagainya. Hal itu tidak hanya membahayakan pengendara kendaraan tersebut, tapi juga orang-orang disekitarnya.

Kecelakaan lalu lintas adalah kecelakaan yang tidak disengaja yang dapat melibatkan siapa saja, dikarenakan kecerobohan oleh pengendara atau pun pejalan kaki. Tidak hanya dalam kehidupan bermasyarakat, sopan santun juga dibutuhkan di jalan raya. Untuk itu mari kita kulik sopan santun yang harus dimiliki oleh pengguna jalan.

Adapun 6 contoh sopan santun pengguna jalan yang dapat diterapkan di jalan raya, yaitu:

  1. Jangan menabrak tiang listrik dengan sengaja

Selain bisa membuat kendaraan Anda rusak, hal tersebut juga dapat mengundang gelak tawa di masyarakat.

  1. Jangan membunyikan klakson terlalu sering atau lama

Hal tersebut dapat membuat aki kendaraan Anda cepat habis, selain itu juga bisa diteriaki orang lain.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Selain memori kebersamaan kita bersama mantan yang harus kita buang, sampah juga harus kita buang pada tempatnya agar lingkungan bersih dan jalanan enak dipandang oleh mata.

  1. Tidak boleh meludah sembarangan

Sebelum meludah sebaiknya terlebih dahulu kita cek kanan dan kiri, apakah ada kendaraan yang akan lewat atau tidak. Jika perlu izin terlebih dahulu, karena dikhawatirkan air ludah terkena pengendara lain, dan hal itu sangat jorok.

  1. Menyeberang pada jembatan penyeberangan

Tujuan dibuatnya jembatan penyeberangan adalah agar kita selamat dan berkeringat, that’s all.

  1. Tidak menggunakan knalpot racing

Hal ini dikarenakan dapat membuat polusi suara atau bahkan asapnya bisa mengganggu pengendara lainnya. Usahakan polusi suara dilakukan pada tahun baru saja, yaitu kegiatan meniup terompet. Untuk di jalan raya sebaiknya menggunakan kendaraan dengan knalpot standar.

 

Demikian 6 contoh sopan santun bagi pengguna jalan dan masyarakat digital yang dapat digunakan di jalan raya Jakarta dan kota besar lainnya, semoga dapat bermanfaat. Stay safe on the road!

 

(VR/www.dipstrategy.com)

Share this :
Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.