5 Alasan Penting Untuk Menggunakan Google Ads

Google Ads dapat membuat perusahaan menjadi lebih sukses jika kampanyenya diterapkan dengan benar, seperti yang dilakukan oleh Digital Agency Jakarta.

Tidak bisa dipungkiri, Google Ads merupakan salah satu metode periklanan online berbayar yang paling efektif.

Sebagai platform iklan yang sering digunakan oleh Digital Agency Jakarta, Google Ads memungkinkan bisnis menjangkau siapa saja yang menggunakan Google untuk menelusuri informasi, produk, dan layanan secara online. Jika digunakan dengan benar, Google Ads berpotensi mendatangkan konsumen.

Apakah Google Ads itu ?

Hampir setiap kali melakukan pencarian dengan Google, Anda akan melihat iklan pada beberapa peringkat teratas pada halaman hasil pencarian. Percayalah, itu bukan hanya hasil dari SEO yang baik, namun ada yang sedang menjalankan kampanye Google Ads.

Google Ads adalah tools utama dalam digital marketing bisnis apa pun yang ingin menggunakan iklan teks untuk mencapai audiens targetnya.

Melalui Google Ads yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, Anda membayar kepada Google agar menampilkan iklan bisnis Anda kepada pelanggan yang menelusuri istilah yang relevan di Pencarian Google dan Maps.

Pada Google Ads, Anda hanya membayar untuk hasil yang sebenarnya dan terukur, dengan sistem Paid Per Click (PPC). Anda dapat menetapkan batas anggaran bulanan kampanye iklan Google Ads yang akan diikuti Google secara otomatis, dan Anda dapat memilih lokasi asal audiens target, secara global atau lokal.

Bagaimana Cara Kerja Google Ads?

Pada saat akan memasang iklan pada Google, seperti yang biasa dilakukan oleh Digital Agency Jakarta, pertama-tama Anda akan perlu menginformasikan Google mana dari tiga sasaran berikut yang ingin Anda capai :

  • Meningkatkan panggilan telepon ke bisnis Anda.
  • Mengarahkan lebih banyak pengunjung ke toko Anda.
  • Mendatangkan pengunjung ke situs web atau landing page perusahaan Anda.

Kemudian, Anda akan memilih target geografi iklan Anda, apakah akan dikirimkan ke khalayak seluruh dunia (global) atau lokal. Selanjutnya, Anda akan menggunakan gambar atau tiga kalimat singkat untuk memberitahu Google apa yang membuat bisnis Anda menonjol, dan Google akan menggunakan data ini untuk membantu membuat iklan teks Anda .

Terakhir, menetapkan anggaran yang akan digunakan Google untuk memprediksi keberhasilan kampanye Google Ads Anda. Setelah itu, jangan heran jika target audiens akan melihat iklan Anda memiliki peringkat yang tinggi dan muncul sebagai hasil pencarian teratas.

Semakin banyak orang mengklik iklan pada kampanye Google Ads Anda, maka anggaran yang Anda terapkan untuk biaya iklan akan semakin berkurang.

Google Ads - digital agency jakarta - dipstrategy

Lima Jenis Google Ads

Jika dilihat dari bagaimana dan di mana iklan yang dipasang ditampilkan, ada lima jenis Google Ads, yaitu :

  1. Kampanye Jaringan Penelusuran.

    Melalui kampanye Jaringan Penelusuran, iklan Anda tidak hanya akan muncul di Google Penelusuran dan Maps, tetapi juga di ratusan mitra penelusuran Google lainnya, termasuk YouTube dan Google Belanja. Di salah satu situs ini, saat pengguna menelusuri istilah yang terkait dengan kata kunci untuk kampanye Anda, mereka akan melihat iklan Anda.

  2. Kampanye Jaringan Display.

    Melalui kampanye Jaringan Display, iklan yang Anda pasang akan tampil kepada orang-orang yang menggunakan produk di Jaringan Display Google, termasuk Gmail dan YouTube.

  3. Kampanye Belanja.

    Melalui kampanye Belanja, dalam jenis ini Google tidak menggunakan kata kunci, namun akan menggunakan data produk dari website Anda, untuk menentukan bagaimana dan di mana untuk menampilkan iklan Anda pada Google Belanja.

  4. Kampanye video.

    Melalui kampanye Video, perusahaan Anda akan dipromosikan melalui iklan video yang ditampilkan di YouTube dan properti Google Display Network lainnya.

  5. Kampanye aplikasi.

    Melalui kampanye Aplikasi, iklan Anda akan ditampilkan di Google Penelusuran, YouTube, Google Play, AdMob, Google Display Network, Google Discover, mitra penelusuran Google, dan publisher yang menampilkan iklan aplikasi.

Dari setiap jenis kampanye yang dipilih, kemungkinan besar akan menyertakan lebih dari satu grup iklan, yang dapat mewakili beberapa produk yang ingin Anda pasarkan kepada audiens yang sama, dan setiap grup iklan memiliki kumpulan kata kunci yang unik.

Apa Perbedaan Google Ads Dengan Google AdSense?

Google Ads memungkinkan bisnis dengan mudah untuk menampilkan iklan mereka pada properti milik Google. Sederhananya Google Ads adalah fasilitas Google untuk pemasang iklan, seperti Digital Agency Jakarta.

Sebaliknya, Google AdSense memungkinkan orang yang memiliki platform seperti blog, website dan forum untuk memonetisasi properti mereka melalui iklan untuk bisnis. Dengan kata lain fasilitas ini disediakan untuk publisher yang mau menampilkan iklan Google pada website mereka.

Google menggunakan fitur Lelang Google Ads untuk menentukan iklan mana yang ditampilkan melalui AdSense, dan pengguna Google Ads mungkin perlu menyesuaikan iklan mereka agar berjalan lebih optimal diLelang Google Ads.

Mengapa Anda harus menggunakan Google Ads

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Google Ads pada strategi pemasaran digital, seperti yang sering dilakukan oleh Digital Agency Jakarta.

  1. Meningkatkan prospek dan pelanggan.

    Google Ads merupakan salah satu alat terbaik untuk menghasilkan prospek. Jika kampanye Anda disiapkan dengan benar, akan berpotensi mendatangkan prospek sesuai yang ditargetkan ke website Anda.Google Ads hanya akan mendatangkan orang-orang yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, sesuai kriteria yang telah dibuat.

  2. Platform marketing yang fleksibel.

    Google Ads cocok untuk semua jenis dan ukuran organisasi, sehingga sangat disarankan oleh Digital Agency Jakarta.Anda dapat sewaktu-waktu mengaktifkan atau menonaktifkan iklan yang dikampanyekan. Serta Google Ads kompatibel dengan berbagai platform marketing dan sistem perangkat lunak lainnya.

    Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kampanye untuk fokus pada jenis pengguna online tertentu. Misalnya, Anda dapat menargetkan orang berdasarkan lokasi, jenis perangkat yang mereka gunakan, dan situs web milik Google yang mereka akses, misalnya, Google Penelusuran, Google Maps, YouTube.

    Anda juga dapat menetapkan anggaran Anda sendiri untuk area kampanye tertentu. Misalnya, Anda dapat menetapkan anggaran harian dan membatasi jumlah dana yang dapat digunakan pada kata kunci tertentu.

  3. Menghasilkan lebih banyak keuntungan.

    Salah satu pertimbangan Digital Agency Jakarta menggunakan Google Ads, karena tidak seperti strategi pemasaran lainnya, pada Google Ads Anda hanya perlu membayar untuk iklan yang diklik orang.Namun, untuk mendatangkan keuntungan yang maksimal membutuhkan waktu, Anda perlu mempelajari perilaku konsumen melalui Google Ads untuk mendapatkan kampanye mana yang paling tepat bagi bisnis Anda

     

  4. Hasil yang cepat dan transparan.

    Google Ads dikenal karena langsung memberikan hasil serta laporan kampanye Anda dengan cepat.Tampilan analytics pada dashboard Google Ads sangat memudahkan untuk menganalisis perkembangan kampanye Anda, yang menampilkan setiap informasi terkait kampanye tadi, seperti jumlah iklan yang diklik, kata kunci yang dimasukkan pengunjung website dan biaya klik.

  5. Menghasilkan traffic yang sangat besar dan berkualitas tinggi.

    Sebagai raja mesin pencari dan dunia iklan internet, Google memiliki basis pelanggan yang sangat besar, sehingga dapat mengirimkan sejumlah besar traffic setiap hari ke bisnis Anda, selagi Anda memiliki anggaran untuk itu.Google terus mengembangkan dan meningkatkan algoritma mesin telusurnya agar menghasilkan iklan dan hasil penelusuran yang paling relevan. Sehingga dari iklan yang Anda pasang, akan mendatangkan pengunjung berkualitas tinggi ke situs website bisnis Anda.

    Orang berkunjung ke halaman bisnis Anda melalui Google, lebih cenderung menjadi pelanggan daripada orang yang datang dari sumber lain, misalnya dengan mengarahkannya bergabung ke milis Anda, meminta informasi atau tindakan lain yang Anda arahkan.

  6. Mendapatkan lebih banyak informasi tentang pasar Anda.

    Memahami pelanggan ideal Anda adalah hal yang penting dalam marketing. Hal itu jauh lebih sulit daripada sekedar memahami audiens Anda. Menggunakan metode tradisional, seperti kuesioner dan wawancara, menghasilkan hasil yang terbatas.Sebaliknya, Google Ads menghasilkan informasi tentang kebiasaan dan persyaratan pelanggan yang hanya dapat diimpikan oleh pemilik bisnis generasi sebelumnya. Beberapa data berharga yang dapat digunakan Google Ads untuk mempelajari pelanggan Anda mencakup kata kunci yang mereka gunakan untuk menemukan situs web Anda, lokasi mereka, perangkat yang mereka gunakan, serta waktu dan hari mereka melakukan penelusuran.

    Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan produk dan layanan Anda, serta untuk menyempurnakan upaya pemasaran Anda sehingga Anda tidak membuang-buang uang untuk beriklan kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Cara menyiapkan kampanye Google Ads

Untuk memulai kampanye Google Ads, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang biasa dilalui oleh Digital Agency Jakarta berikut :

  • Masuk ke akun Google Ads Anda.
  • Klik Kampanye di sisi kiri.
  • Klik tombol plus.
  • Pilih “Kampanye baru”.
  • Pilih sasaran kampanye Anda, atau buat kampanye tanpa sasaran.
  • Pilih jenis kampanye.
  • Klik Lanjutkan.
  • Tentukan setelan kampanye Anda.
  • Klik Simpan dan lanjutkan.

Dari sana, gunakan saran di atas untuk membuat kampanye Google Ads yang ideal, seperti yang sering digunakan oleh Digital Agency Jakarta dalam memaksimalkan suatu kampanye digital marketing.

Recent Post

Nella Wismar Written by: