4 Rahasia Cara Meningkatkan Trafik di 2020

Cara Meningkatkan Trafik

“Wow, trafiknya tinggi banget.” Ungkapan tersebut tidak dapat disangkal bagai musik di telinga para internet marketer, yang sedang berjuang mencari cara meningkatkan trafik.

Dari sekian banyak strategi, cara meningkatkan trafik online merupakan salah satu prioritas dan sasaran utama bagi sebagian besar tim marketing – karena jumlah pengunjung situs website yang lebih tinggi biasanya berarti lebih besar peluang untuk melakukan penjualan.

Terbukti, dari statistik yang disajikan hubspot.com menyatakan bahwa meningkatkan trafik merupakan tantangan terbesar bagi sebuah tim marketing dari tahun ke tahun.

 

cara meningkatkan trafik
www.hubspot.com/marketing-statistics

 

Jika Anda melakukan pencarian di Google, Anda akan melihat bahwa ada banyak sekali internet marketer yang mengklaim sudah menguasai dan menyebarkanluaskan rahasia paten dalam meningkatkan jumlah trafik. Tetapi jika semua klaim ini fakta, bukankah seharusnya semua internet marketer sekarang sudah menguasainya juga?

Kenyataanya adalah, tidak ada satu pakem rahasia yang tetap untuk bisa mendatangkan trafik. Walau begitu selalu ada beberapa tips dan cara yang bisa kita lakukan.

Mari pelajari strategi-strategi internet marketing yang benar-benar dapat berdampak signifikan untuk jumlah trafik situs website Anda.

 

1. Optimasi Akun Google My Business

Akun Google My Business (GMB) Anda dapat mengarahkan lebih banyak trafik daripada yang Anda kira. Menurut BrightLocal, sebagian besar perusahaan menerima lebih dari 1.000 views langsung dari tautan GMB mereka. Lebih detil, 84% trafik ke akun GMB ini berasal dari hasil pencarian dan hanya 16% dari pencarian secara direct.

cara meningkatkan trafik
www.brightlocal.com/research/google-my-business-insights-study/

 

Akun GMB yang selalu di-update informasinya seperti lokasi, jam operasi bisnis, info promo tertentu, dan foto/gambar juga memudahkan algoritma Google untuk mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik.

Karenanya, dengan mengupdate akun GMB Anda sesering mungkin dan memastikan keakuratannya, Anda dapat mengirim sinyal yang lebih kuat ke Google dan (berpotensi) mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Bahkan, penelitian dari Moz menemukan bahwa lebih dari 25% faktor tingginya peringkat situs kita di pencarian Google lokal berasal langsung dari GMB. Seperti faktor dekatnya alamat bisnis, kategori bisnis, dan kata kunci dalam nama bisnis.

Elite-Strategies.com melakukan studi kasus untuk mengukur dampak akun GMB yang selalu di-update terhadap trafik.

elite-strategies.com/case-study-google-my-business/
elite-strategies.com/case-study-google-my-business/

 

2. Muat Review Bisnis Anda di beragam Website

Digital Agency Indonesia

Semua Internet Marketers tahu pentingnya review untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan baru. Tetapi perlu diketahui ini juga bisa menjadi teknik hack SEO yang menakjubkan.

Laporan terbaru BrightLocal menyatakan bahwa 86% konsumen secara aktif mencari review dari produk ataupun jasa yang diinginkan sebelum melakukan pembelian. Pelanggan juga lebih suka membeli dari bisnis yang memiliki setidaknya 40 review.

 

www.brightlocal.com/research/local-consumer-review-survey/
www.brightlocal.com/research/local-consumer-review-survey/

 

Selain itu, laporan Moz yang disebutkan sebelumnya juga mengemukakan bahwa 15% dari trafik berasal dari review. Ini berarti bahwa semakin banyak review yang Anda muat secara online di berbagai website, semakin tinggi juga peluang Anda meraih peringkat yang lebih baik dan trafik yang lebih tinggi.

Karena pembeli secara aktif mencari review pelanggan, pastikan untuk mempublikasikannya di situs-situs khusus review. Situs dapat dipercaya alih-alih hanya situs web Anda sendiri untuk membangun lebih banyak tautan atau backlink dan mendatangkan trafik.

Misalnya, perusahaan perhiasan bernama Laguna Pearl ini bermitra dengan situs khusus review berlisensi Google, seperti Trustpilot, untuk meningkatkan keragaman review pelanggan mereka. Terbukti setelah itu adanya peningkatan 38% dalam Clickthrough rate (CTR) hasil dari iklan dan trafik organik.

 

3. Optimalkan Konten rich-snippets

Sebagian besar hasil pencarian dalam bentuk pertanyaan memunculkan featured snippet – dan 70,2% tautan dari featured snipped ini diklik oleh user. Ini berarti bahwa mengoptimalkan konten Anda untuk ditampilkan dalam snippet adalah cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan trafik.

Selain itu, perangkat yang memiliki fitur suara – seperti Alexa dan Google Home – mengandalkan snippet untuk memberikan hasil pencarian instan. Karena trend penggunaan fitur suara terus meningkat, berarti ini adalah alasan tambahan untuk membuat konten yang dirancang agar muncul menjadi featured snippets di mesin pencari.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah memasukkan “snippet bait” ke dalam konten Anda. Bentuknya sering merupakan paragraf di awal bagian konten yang menyediakan ringkasan atau menjawab pertanyaan.

 

https://dipstrategy.com/blog

 

Anda mungkin perlu melakukan riset untuk keyword dan mencari target pencarian untuk long-tail keyword yang terkait dengan bisnis Anda. Selain itu, atur konten Anda sehingga Google dapat dengan mudah menemukan featured snippet dengan memasukkan subjudul, daftar, dan tabel.

 

4. Aktif di Situs-situs Forum

Semakin banyak backlink dan situs yang menyebutkan website Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi – yang kemudian dapat menghasilkan lebih banyak trafik.

Hal ini juga memberi situs Anda lebih banyak peluang untuk mendapatkan pengunjung dari situs tambahan di luar Google SERPs. Maka banyak perusahaan secara berkala mengirimkan artikel ke blog-blog populer.

Meskipun ini tentu saja merupakan strategi SEO yang solid, ada juga bukti bahwa berpartisipasi dalam situs forum dapat membantu untuk menghasilkan trafik juga. Dengan terlibat dalam komunitas online yang relevan, berbagi wawasan, dan memasukkan link ke situs web Anda, Anda dapat mulai menargetkan audiens yang akan tertarik pada bisnis Anda.

Tim marketing Ahrefs menggunakan strategi ini dalam bentuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di situs Quora, yang merupakan situs forum populer yang mirip dengan Reddit, HARO Answers, dan Yahoo Answers.

Digital Marketing Indonesia

Mereka secara khusus hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan bisnis mereka (dalam hal ini, SEO dan Digital Marketing) dan membangun reputasi sebagai sumber tepercaya. Ini kemudian menghasilkan trafik yang konsisten datang dari situs Quora, banyak dari situ kemudian dikonversi menjadi pelanggan.

 

www.ahrefs.com/blog/how-to-drive-traffic-to-your-website/
www.ahrefs.com/blog/how-to-drive-traffic-to-your-website/

 

 

Kesimpulan

Ada banyak trik dan strategi dalam hal mendapatkan trafik yang lebih banyak – tetapi strategi ini benar-benar terbukti berhasil. Kuncinya di sini (seperti biasa) adalah memahami apa yang diinginkan pelanggan Anda dan menyediakannya untuk mereka. Apakah itu informasi bisnis, review, atau jawaban atas pertanyaan mereka yang paling mendesak.

Itulah rahasia sebenarnya untuk mengarahkan pelanggan yang kemudian bisa terkonversi ke situs web Anda.

Recent Post

Frinaldy Wibianto Written by:

No one is perfect. That’s why pencils have erasers.