10 Strategi Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19

Seperti yang sudah sama-sama kita tahu, dunia ini tidak sedang baik-baik saja. Virus bernama COVID-19 (Virus Corona) berhasil memporak-porandakan banyak negara sejak Desember 2019, tidak terkecuali Indonesia yang juga mulai kedatangan virus ini pada awal Maret lalu.

Sebulan kemudian, kita dapati aktifitas perkantoran banyak yang mengaplikasikan protokol bekerja dari rumah (Work From Home) walaupun tidak sedikit juga unit usaha di berbagai industri yang mulai keteteran dengan pandemi ini.

Maka pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi 10 strategi digital marketing yang bisa anda aplikasikan pada bisnis Anda agar dapat tetap survive di situasi sulit ini.

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Tetap Terhubung dengan Customer / Klien Anda

Kita mengerti bahwa banyak orang saat ini dalam keadaan sulit, maka ini adalah kesempatan Anda untuk memperlihatkan empati kepada sesama.

Dengan banyaknya orang yang harus berdiam diri di rumah, terus nge-scroll sosial media mereka demi mendapatkan update terbaru atau sekedar mencari hiburan, Anda dapat ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial bisnis Anda lewat media sosial, atau dengan cara mengirimkan Email secara massal kepada pelanggan newsletter Anda. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”.

Ini adalah kesempatan yang unik untuk membangun citra brand Anda.

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Pastikan bisnis Anda mudah ditemui di Internet

PSBB bukan berarti kegiatan bisnis berhenti, masyarakat masih melakukan pembelian barang ataupun jasa, walau semua melakukannya dari rumah. Anda harus memastikan kehadiran bisnis Anda tetap signifikan terutama di Internet. Karena dengan kondisi seperti saat ini, konsumsi masyarakat terhadap konten di internet jelas naik secara signifikan.

Maka pastikan anda selalu menjalankan strategi Search Engine Optimization (SEO) agar bisnis Anda selalu mudah untuk di temukan.

 

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Gunakan Iklan Pay-Per-Click (PPC)

Kami mengerti bahwa SEO adalah investasi jangka panjang, karena proses optimisasi website di mesin pencari memang memakan waktu.

Apabila bisnis Anda terbilang baru dibangun atau memang belum pernah melakukan strategi SEO dan Anda tentunya tidak ingin kehilangan momentum, silahkan gunakan jasa iklan pay-per-klik (PPC) agar bisnis Anda mudah ditemui di Internet dalam waktu singkat.

 

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Pastikan aset digital Anda terus ter-update

Jangan kasih kendor, inilah waktu yang tepat untuk memperbaharui portfolio pada aset digital Anda entah itu website ataupun akun sosial media.

Selalu sajikan audience anda dengan konten yang berhubungan dengan industri bisnis Anda. Anda tentunya tidak mau bisnis Anda tenggelam dalam persaingan karena kompetitor bisnis Anda selalu terdepan dalam menyajikan konten pada aset digital mereka.

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: ThriveAgency

Persiapkan bisnis Anda untuk bangkit kembali

 

Tidak ada salahnya untuk tetap positif, seiring berjalannya waktu pandemi ini akan segera berakhir. Perlu diingat bahwa SEO merupakan strategi jangka panjang. Biasanya, kampanye SEO akan mulai terasa efektifitasnya 2-3 bulan sejak dijalankan.

Menghentikan kampanye SEO Anda saat ini adalah langkah yang buruk, bukan tidak mungkin pandemic ini akan berakhir 2-3 bulan dari sekarang dan dengan kampanye SEO yang baik Anda berarti siap untuk kembali bangkitkan Bisnis Anda.

 

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Kesempatan yang baik untuk memberikan diskon

 

Fakta bahwa banyak orang saat ini terkunci dalam rumah mereka pastinya membuat mereka berfikir 2 kali untuk menghabiskan uang. Orang-orang akan lebih berhemat dalam berbelanja dan ini adalah suatu yang normal saat ini.

Maka dari itu memberikan diskon pada produk Anda adalah cara yang baik saat ini untuk mendapatkan simpati dari para pelanggan bisnis Anda, dan tentunya agar pemasukan tetap terus berjalan.

Anda dapat mengumumkan diskon lewat email marketing, iklan PPC (pay-per-klik) ataupun Media Sosial.

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Optimasi ‘Local SEO’

Selama diberlakukannya PSBB, tentunya masyarakat membatasi ruang gerak mereka secara umum. Apabila mendesak-pun dalam hal pemenuhan kebutuhan, pasti orang-orang akan mencari tujuan terdekat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Maka saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengoptimasi Local SEO bisnis Anda. Apa itu local SEO? Local SEO adalah jenis SEO yang secara spesifik digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, terutama untuk bisnis-bisnis lokal.

Mesin pencari akan menampilkan bisnis berdasarkan daerah dan jarak terdekat. Maka anda dapat memulai membuat konten artikel yang memberitahu bahwa bisnis Anda tersedia di daerah tertentu.

Anda juga dapat memanfaatkan platform Google My Business, lewat artikel sebelumnya mengenai 4 cara rahasia untuk meningkatkan trafik Anda di tahun 2020, kita sudah sama-sama mempelajari seberapa pentingnya platform Google My Business ini dalam menampilkan review dan ketersediaan bisnis Anda di suatu daerah teretentu.

 

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Jadilah Fleksibel dan Aplikasikan Strategi yang paling Relevan

Dalam situasi yang tak menentu seperti sekarang ini, bisnis Anda juga haruslah berjalan secara fleksibel dalam hal menerapkan strategi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Umumkan lewat aset digital Anda bahwa bisnis Anda tidak berhenti, namun tetap melayani dengan cara-cara yang lebih menyesuaikan. Seperti contohnya untuk bisnis restoran, berikan penawaran antar makan /delivery gratis untuk para pelanggan Anda. Pastikan juga pelanggan Anda tahu bahwa restoran Anda terus menjaga dan meningkatkan kebersihan dalam proses penyajiannya.

Atau contoh lain apabila Anda memiliki bisnis Gym / Ruang Olahraga. Dengan kondisi saat ini tidak mungkin untuk mengharapkan jumlah pelanggan yang datang sama dengan kondisi seperti biasanya. Maka kenapa tidak tawarkan pelanggan Anda kelas olahraga online? Anda dapat menawarkan kelas olahraga online agar pelanggan Anda tetap fit selama masa karantina di rumah.

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Tetap Tenang dan Jangan Panik

Anda ingat momen ketika media mulai menyoroti seberapa bahayanya virus COVID-19 ini dan orang-orang mulai panik dan melakukan panic buying. Banyak orang melakukan pembelian tissue toilet dan pembersih tangah secara berlebihan.

Jangan bereaksi seperti itu terutama apabila Anda dalam proses mencari strategi digital marketing terbaik untuk di implementasikan pada bisnis Anda. Jangan pernah melakukan gerakan yang panik dan tak terkalkulasi. Gunakan selalu metric dan analisa seluruh data yang Anda miliki sebelum membuat keputusan.

 

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Sumber: Freepik

Gunakan banyak waktu luang untuk menyelesaikan daftar hal yang harus dilakukan yang sebelumnya tertunda

Sekarang Anda tidak lagi datang secara konstan ke kantor dan hadir di pertemuan-pertemuan bisnis. Ini artinya Anda memiliki waktu luang yang lebih banyak dari biasanya.

Anda bisa menyelesaikan daftar hal yang harus dilakukan yang sebelumnya tertunda terhadap aset digital Anda. Anda dapat mendesain ulang website Anda. Tim design Dipstrategy tentunya dapat membantu Anda mencapai hal ini. Ini juga waktu yang tepat untuk mengaudit SEO website Anda.

Tetap maksimalkan bisnis Anda karena walaupun sedang melambat, perputaran ekonomi tidaklah berhenti.

 

Tetap positif, situasi ini akan segera membaik

Terkahir, Jika Anda mengikuti perkembangan berita tentang virus Corona ini secara konstan, Anda mungkin mulai bertanya-tanya apakah tampaknya kita tidak akan pernah lagi meninggalkan rumah?

Tapi percayalah dan tetap positif bahwa situasi ini akan segera membaik, dan bisnismu tidak akan gulung tikar.

Buktinya? Saat artikel ini ditulis, seluruh pasien virus Corona yang dirawat di rumah sakit di Wuhan, yang mana adalah kota yang diduga menjadi tempat pertama kali virus ini merebak, telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Wuhan juga menjadi kota pertama di dunia yang memberlakukan lockdown karena virus corona, dan telah dicabut awal April lalu.

Sementara itu di Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus Corona di Indonesia, dikabarkan mulai mendapatkan perkembangan positif berkat protokol pembatasan sosial bersakala besar (PSBB). Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo pada hari Senin (27/4) menyebut kasus Corona di DKI sudah mengalami perlambatan dan mulai flat atau datar.

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Jadi tetaplah positif dan terus maksimalkan bisnis Anda.
Hubungi kami jika Anda membutuhkan konsultasi atau bantuan dalam merencanakan dan menjalankan strategi digital marketing.
Sumber: https://thriveagency.com/news/10-digital-marketing-ideas-to-consider-during-the-coronavirus/

 

Recent Post

Frinaldy Wibianto Written by:

No one is perfect. That’s why pencils have erasers.